Senin, 05 Mei 2014

Neraca Laba Rugi


Definisi Neraca
Neraca adalah laporan yang berisi harta, utang dan modal perusahaan pada suatu saat tertentu.  Harta yang disajikan dalam neraca disusun berdasarkan likuiditas, yaitu tingkat kecepatan harta tersebut menjadi uang, dalam kegiatan perusahaan. Sedangkan utang disusun atas jangka waktu pembayaran. Dan modal disusun berdasarkan tingkat kekekalan/lamanya bertahan dalam perusahaan.
 
Laporan Neraca
Dari uraian di atas dapat Anda tarik kesimpulan Neraca sebagai berikut:
-     Laporan Keuangan.
-     Berisi Harta, Utang dan Modal.
-     Pada suatu saat tertentu (periode tertentu).
 
Macam–macam Neraca
-          Neraca saldo
Neraca saldo ialah suatu daftar yang berisi saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada suatu saat  tertentu. Kapan neraca saldo itu disusun? Neraca saldo biasanya disusun pada akhir periode akuntansi, yang bertujuan untuk memeriksa kesamaan jumlah saldo debet dengan saldo kredit.  Bentuk Neraca Saldo berbentuk suatu daftar yang di dalamnya berisi nama perusahaan (nama) Neraca Saldo, periode akuntansi, dan format dengan lajur (kolom) terdiri dari no. akun, akun, debet dan kredit.
-          Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran adalah catatan dari semua transaksi ekonomi internasional yang meliputi perdagangan, keuangan dan moneter antara penduduk dalam negeri dengan penduduk luar negeri selama periode waktu tertentu, biasanya satu tahun atau dikatakan sebagai laporan arus pembayaran (keluar dan masuk) untuk suatu negara. Neraca pembayaran secara esensial merupakan sistem akuntansi yang mengukur kinerja suatu negara. Pencatatan transaksi dilakukan dengan pembukuan berpasangan (double-entry bookkeeping system), yaitu; tiap transaksi dicatat satu sebagai kredit dan satu lagi sebagai debit.
-     Neraca Lajur
Neraca lajur adalah suatu lembaran kertas berlajur / berkolom yang digunakan dalam kegiatan dalam kegiatan akuntansi secara manual. Adapun kegunaan dari neraca lajur adalah untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.Neraca lajur berisi semua informasi untuk laporan keuangan seperti saldo-saldo perkiraan sebelum jurnal penyesuaian , perkiraan-perkiraan jurnal penyesuaian dan saldo-saldo perkiraan setelah jurnal penyesuaian.


Neraca/Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah laporan yang merupakan bagian dari laporan keuangan yang memuat informasi mengenai hasil operasi perusahaan, baik itu pendapatan dan pengeluaran selama peride tertentu.
Laporan laba-rugi ini cukup penting keberadaannya, karena laporan ini dapat dijadikan alat untuk memprediksi arus kas dimasa mendatang, banyak pemekai laporan keuangan yang memakai laporan laba-rugi ini untuk memprediksi arus kas masa depan, seperti para investor dan kreditor. 

 
Contoh Laporan Laba Rugi
Diketahui bahwa Estelle Company memiliki data-data berikut ini :
1.         penjualan sebesar 5.000.000
2.         pendapatan sewa 2.500.000 
3.         persediaan barang dagang awal, 1 januari 2012 sebesar 550.000
4.         persediaan barang dagang akhir, 31 desember 2012 sebesar 560.000
5.         pembelian 1.200.000
6.         pengeluaran untuk angkut dan transportasi- masuk 100.000
7.         pengeluaran untuk gaji dan komisi penjualan 350.000
8.         pengeluaran untuk iklan 70.000
9.         pengeluaran untuk angkut dan transportasi-keluar 80.000
10.     penyusutan peralatan penjualan 20.000
11.     pengeluaran untuk telepon 30.000
12.     pengeluaran untuk jasa hukum 100.000
13.     pengeluaran untuk asuransi 15.000
14.     penyusutan bangunan 20.000
15.     penyusutan peralatan kantor 10.000
16.     pajak penghasilan 100.000
Informasi tambahan :

Terdapat diskon penjualan sebesar 20.000 dan diskon pembelian sebesar 14.000.

- Laporan Laba Rugi Single Step


- Laporan Laba Rugi Multiple Step

Tidak ada komentar:

Posting Komentar