Definisi Neraca
Neraca
adalah laporan yang berisi harta, utang dan modal perusahaan pada suatu saat
tertentu. Harta yang disajikan dalam neraca disusun berdasarkan likuiditas, yaitu tingkat
kecepatan harta tersebut menjadi uang, dalam kegiatan perusahaan. Sedangkan
utang disusun atas jangka waktu pembayaran. Dan modal disusun berdasarkan
tingkat kekekalan/lamanya bertahan dalam perusahaan.
Laporan Neraca
Dari uraian di atas dapat Anda tarik kesimpulan
Neraca sebagai berikut:
- Laporan
Keuangan.
- Berisi
Harta, Utang dan Modal.
- Pada
suatu saat tertentu (periode tertentu).
Macam–macam Neraca
-
Neraca saldo
Neraca saldo ialah suatu daftar yang berisi
saldo-saldo sementara setiap akun buku besar pada suatu saat tertentu.
Kapan neraca saldo itu disusun? Neraca saldo biasanya disusun pada akhir
periode akuntansi, yang bertujuan untuk memeriksa kesamaan jumlah saldo debet
dengan saldo kredit. Bentuk Neraca Saldo berbentuk
suatu daftar yang di dalamnya berisi nama perusahaan (nama) Neraca Saldo,
periode akuntansi, dan format dengan lajur (kolom) terdiri dari no. akun, akun,
debet dan kredit.
-
Neraca Pembayaran
Neraca
pembayaran adalah catatan dari semua transaksi ekonomi internasional yang
meliputi perdagangan, keuangan dan moneter antara penduduk dalam negeri dengan
penduduk luar negeri selama periode waktu tertentu, biasanya satu tahun atau
dikatakan sebagai laporan arus pembayaran (keluar dan masuk) untuk suatu
negara. Neraca pembayaran secara esensial merupakan sistem akuntansi yang
mengukur kinerja suatu negara. Pencatatan transaksi dilakukan dengan pembukuan
berpasangan (double-entry bookkeeping system), yaitu; tiap transaksi dicatat
satu sebagai kredit dan satu lagi sebagai debit.
- Neraca Lajur
Neraca
lajur adalah suatu lembaran kertas berlajur / berkolom yang digunakan dalam
kegiatan dalam kegiatan akuntansi secara manual. Adapun kegunaan dari neraca
lajur adalah untuk mempermudah penyusunan laporan keuangan.Neraca lajur berisi
semua informasi untuk laporan keuangan seperti saldo-saldo perkiraan sebelum
jurnal penyesuaian , perkiraan-perkiraan jurnal penyesuaian dan saldo-saldo
perkiraan setelah jurnal penyesuaian.
Neraca/Laporan
Laba Rugi
Laporan laba rugi adalah laporan yang merupakan bagian
dari laporan keuangan yang memuat informasi mengenai hasil operasi perusahaan,
baik itu pendapatan dan pengeluaran selama peride tertentu.
Laporan laba-rugi ini cukup penting keberadaannya, karena laporan ini dapat dijadikan alat untuk memprediksi arus kas dimasa mendatang, banyak pemekai laporan keuangan yang memakai laporan laba-rugi ini untuk memprediksi arus kas masa depan, seperti para investor dan kreditor.
Laporan laba-rugi ini cukup penting keberadaannya, karena laporan ini dapat dijadikan alat untuk memprediksi arus kas dimasa mendatang, banyak pemekai laporan keuangan yang memakai laporan laba-rugi ini untuk memprediksi arus kas masa depan, seperti para investor dan kreditor.
Contoh Laporan Laba Rugi
Diketahui bahwa Estelle Company memiliki data-data
berikut ini :
1. penjualan sebesar
5.000.000
2. pendapatan sewa
2.500.000
3. persediaan barang
dagang awal, 1 januari 2012 sebesar 550.000
4. persediaan barang
dagang akhir, 31 desember 2012 sebesar 560.000
5. pembelian
1.200.000
6. pengeluaran untuk
angkut dan transportasi- masuk 100.000
7. pengeluaran untuk
gaji dan komisi penjualan 350.000
8. pengeluaran untuk
iklan 70.000
9. pengeluaran untuk
angkut dan transportasi-keluar 80.000
10. penyusutan peralatan penjualan 20.000
11. pengeluaran untuk telepon 30.000
12. pengeluaran untuk jasa hukum 100.000
13. pengeluaran untuk asuransi 15.000
14. penyusutan bangunan 20.000
15. penyusutan peralatan kantor 10.000
16. pajak penghasilan 100.000
Informasi tambahan :
Terdapat diskon penjualan sebesar
20.000 dan diskon pembelian sebesar 14.000.
- Laporan Laba Rugi Single Step

Tidak ada komentar:
Posting Komentar